Home > Event > Urat Jagat (Veins of The Universe)
14 February, 2015
07:00 PM
Selasar Sunaryo Art Space, Jalan Bukit Pakar Timur, Dago, Bandung Join us

Join us:


Poetry Performing Arts (PPA) Urat Jagat adalah pertunjukan puisi karya penyair Sunda internasional, Godi Suwarna. Beberapa puisi pilihan yang akan ditampilkan dalam bahasa Sunda dan Inggris berkisah tentang kegelisahan, kemarahan dan kesakitan alam dengan sublim sebagai ungkapan kemanusiaan.

Pertunjukan ini merupakan bentuk kerja seni kolaborasi yang mengakulturasikan berbagai elemen seni sastra, teater, tari, musik dan multimedia. Selain keseluruhan elemen seni yang saling bercengkrama, PPA Urat Jagat turut melibatkan berbagai seniman dari Mainteater Bandung dan Mainteater Melbourne – Australia yang telah bekerja bersama selama 16 tahun sebagai bentuk pertukaran budaya untuk saling mengenal dan menyampaikan kemungkinan-kemungkinan baru.

Intensitas kerjasama yang luar biasa ini turut mencuri perhatian masyarakat seni internasional dan membuahkan penghargaan kategori “Innovation of Form” dari Melbourne Fringe dan nominasi Greenroom untuk kategori “Innovative New Form” untuk pertunjukan kolaborasi bertajuk “Happy 1000 … 1000 Bahagia” pada tahun 2000.

Para seniman dari Mainteater Melbourne – Australia di antaranya adalah Sandra Fiona Long sebagai Sutradara, Mal Webb sebagai musisi dan ahli vokal dan Jodee Mundy seniman teater multi talenta, bekerjasama dengan seniman Sunda, Godi Suwarna sebagai penulis naskah dan Wawan Sofwan, Heliana Sinaga dan Sahlan Bahuy sebagai aktor. Untuk tata panggung dengan menggunakan media bambu dan multimedia dirancang oleh Deden Jalaludin Buqini.

“Urat Jagat menjadi menarik sebagai pencarian bentuk pengucapan teater yang berangkat dari berbagai bahasa tapi tidak menjadi kendala karena ketidakpahaman pada berbagai bahasa tersebut. Meskipun ada terjemahan, tapi diolah begitu rupa, kemudian, ada unsur bagaimana puisi Sunda bisa dimengerti dan mudah dipahami oleh orang yang tidak mengerti bahasa Sunda” jelas Wawan Sofwan, pendiri Mainteater Bandung dan pemain Urat Jagat.