Home > Pers > Urat Jagat
jagat

Poetry Performing Arts (PPA) Urat Jagat adalah pertunjukan puisi karya penyair Sunda internasional, Godi Suwarna. Beberapa puisi pilihan yang akan ditampilkan dalam bahasa Sunda dan Inggris berkisah tentang kegelisahan, kemarahan dan kesakitan alam dengan sublim sebagai ungkapan kemanusiaan.

Poetry performing arts merupakan bentuk pementasan yang menyajikan puisi sebagai sebuah karya pertunjukan. Dalam pertunjukan tersebut dipilih beberapa puisi yang mengusung satu tema besar.
Kali ini Mainteater akan mengangkat puisi-puisi berbahasa Sunda karya Godi Suwarna ke dalam sebuah pertunjukan bertajuk Urat Jagat. Urat Jagat bertemakan dunia yang sakit dan berkisah tentang perusakan dan kerusakan alam. Terangkai dalam kalimat-kalimat penuh rima dan menjelma menjadi melodi indah, Urat Jagat menyuarakan alam—betapa alam gelisah, marah dan kesakitan.
Pada tahun 2011, Godi Suwarna dan Wawan Sofwan (teaterawan dan salah satu pendiri Mainteater Bandung) berkolaborasi dengan Mal Webb (seorang ahli musik dan multi-instrumentalist dari Melbourne), dan kolaborator Mainteater Melbourne, Jodee Mundy dan Sandra Fiona Long, untuk membahasakan puisi Godi Suwarna melalui media gerak tubuh, suara, dan bunyi.
Rekaman audio kolaborasi tersebut dapat disimak pada link berikut ini:
Dalam rangka memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional yang jatuh setiap tanggal 21 Februari, pada bulan Februari 2015 ini Mainteater akan menggelar tur poetry performing arts Urat Jagat di beberapa kota di Indonesia, yaitu Bandung, Jakarta, Serang dan Bali. Tim yang sama berkumpul kembali untuk mengembangkan proses kreatif dalam kolaborasi sebelumnya. Pertunjukan multi-bahasa tersebut kali ini akan diperkuat tata artistik dan multimedia oleh Deden Bulqini, tata cahaya oleh Aji Sangiaji serta kerjasama yang solid dari anggota tim lainnya.