Home > Pers > Teaterwan Muda Indonesia di Forum Internasional
mainteater | Kliping Berita | KOMPAS | Rabu, 3 Mei 2000

Teaterwan Muda Indonesia di Forum Internasional


Jakarta, Kompas
Wawan Sofwan, aktor dan sutradara muda dari kelompok Teater Multikultural Mainteater Bandung-Melbourne, diundang Goethe Institut Jerman untuk mengikuti Internasionales Forum Junger Buhnenangehoriger (Forum Internasional Teateran Muda) ke-36 di Berlin 2000, berlangsung 5-19 Mei, meliputi kegiatan seminar, lokakarya, dan pementasan teater.

Forum Internasional ini, diikuti 54 peserta dari 22 negara, terdiri dari para sutradara, pemain/actor, penulis naskah, dan pekerja panggung. Dalam forum ini para peserta akan saling berbagi pengalaman dan informasi tentang perkembangan teater di negara masing-masing.

“Saya punya harapan besar pada forum ini. Saya pikir kesempatan ini akan sangat berharga dalam rangka memperlebar cakrawala pandangan, bahkan memberi kemungkinan bagi perumusan sudut pandang dan pola pikir baru dalam teater. Forum ini juga akan bermanfaat dalam menciptakan dan membina jaringan kerja sama, serta mencari isu-isu terkini dari sumber pertama mengenai perkembangan teater di berbagai negara peserta,” kata Wawan, lelaki kelahiran Panjalu, Ciamis, 17 Oktober 1965.

Lulusan Jurusan Kimia IKIP Bandung (1991) ini aktif di teater sejak tahun 1986 bersama Studiklub Teater Bandung (STB) dan Teater Mahasiswa IKIN Bandung. Disam[ing ikut bermain dalam berbagai pementasam, Wawan juga telah menyutradarai sejumlah pementasan, seperti Oknum (Hadi AKS), Dam (Putu Wijaya), Norma (Alun Owen), fragmen opera La Boheme (Chacomo Pucini), dan fragmen Faust (JW V Goethe). Tahun 1995 – 1996 ia mendapat beasiswa dari Goethe Institut untuk belajar bahasa Jerman di Berlin dan studi banding teater di beberapa kota di Jerman. (*/ken)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*