Home > timkreatif > Ahid Hidayat
Ahid Hidayat
Pembina

Ahid Hidayat, lahir di Majalengka, Jawa Barat, 30 Agustus 1967. Menjalani masa kecil di kampung Haurduni, Desa Maja Utara, Kecamatan Maja, Kabupatena Majalengka. Menempuh pendidikan dasar di Madrasah Ibtidaiyah Persatuan Umat Islam (PUI) Haurduni (lulus 1980) dan Madrasah Tsanawiyah PUI Maja (lulus 1983). Kemudian melanjutkan ke Sekolah Pendidikan Guru (SPG) Negeri Majalengka (lulus 1986).

Menyelesaikan pendidikan pada Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS IKIP Bandung (kini UPI, 1992) dan Program Magister Ilmu Susastra pada FIPB Universitas Indonesia (2001).

Mengajar di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Haluoleo sejak 1993. Beberapa semester pernah mengajar di Universitas Sembilan Belas November (USN) Kolaka, dan sejak 2002 mengajar juga di Universitas Lakidende, Wawotobi. Sejak 2004 menjadi tutor pada Universitas Terbuka UPBJJ Kendari. Tahun 2004 mendirikan mainteater kendari yang mengkhususkan diri dibidang manajemen seni pertunjukan.

Semenjak lulus sarjana, ia sering menyajikan makalah pada seminar/pertemuan ilmiah, antara lain:

Pertemuan Ilmiah Nasional Himpunan Sarjana-Kesusastraan Indonesia V di Bogor, 1992, judul makalah: “Memahami Drama Gerr Karya Putu Wijaya”

Pertemuan Ilmiah Nasional Himpunan Sarjana-Kesusastraan Indonesia XII di Pusat Bahasa, Jakarta, 1999, judul makalah: “Guru dan Kakilangit Pengajaran Sastra”

Pertemuan Ilmiah Nasional Himpunsn Sarjana- kesusastraan Indonesia XV di Yogyakarta, judul makalah: “Kontrapropaganda dalam Drama Zaman Jepang”

Kongres Internasional Bahasa Indonesia di Jakarta, 2008, judul makalah: “Sastra Indonesia di Sulawesi Tenggara: Warisan Tradisi Tulis yang Belum Tergenggam”

Artikel penelitiannya antara lain dimuat dalam buku berikut.

Sastra Masuk Sekolah suntingan Riris K. Toha-Sarumpaet (IndonesiaTera, 2002)

Cakrawala Karya yang disuntingnya bersama Nikolaus Pasassung (Penerbit FKIP Unhalu, 2006)

Kontrapropaganda dalam Drama Propaganda, Sejumlah Telaah (Penerbit FKIP Unhalu, 2009)

Kajian Sastra dalam Perspektif Kontemporer (Penerbit FPBS Universitas Pendidikan Indonesia).

Menulis puisi dan cerpen, di samping menerjemahkan cerpen dan menulis artikel, yang telah dimuat di sejumlah media cetak (Bandung Pos, Fajar, Galamedia, Gong, Horison, Kendari Pos, Mandala, Media Indonesia, Pikiran Rakyat, Republika). Pernah menjadi juri tahap II Khatulistiwa Literary Award (2005), sebuah penghargaan buku sastra terbaik tingkat nasional. Bersama Syaifuddin Gani menyunting kumpulan puisi Pagi yang Mendaki Langit.